Saturday, February 20, 2016

Berapa harga 1 jam kita?

Akhir akhir ini saya berpikir, untuk apa sajakah waktu yang saya habiskan setiap harinya? Apakah sudah saya habiskan dengan sesuai dan bermanfaat? Atau saya menghabiskan waktu saya dengan kurang bijaksana

Satu hal yang langsung muncul di benak saya adalah "Pekerjaan". Bulan april untuk beberapa orang merupakan bulan yang ditunggu tunggu karena bulan kenaikan gaji, berapa kenaikan gaji kita, biarkan atasan dan Tuhan yang tau. 

Di post saya sebelum sebelumnya banyak membahas megenai inflasi, musuh besar penghasilan, tetapi akhir-akhir ini saya berfikir, bahwa tidak hanyak inflasi yang harus kita bandingkan dengan peghasilan kita, tetapi juga WAKTU yang kita luangkan untuk pekerjaan

Penghasilan 8jt rupiah belum tentu lebih banyak dibandingkan dengan seseorang berpenghasilan 5jt sebulan, jika waktu kerja seseorang dengan 8jt rupiah lebih banyak dibandingkan dengan seseorang berpenghasilan 5jt rupiah.

Contoh
Si A berpenghasilan 5jt bekerja 8 jam dalam 1 hari dan bekerja 5 hari kerja dalam seminggu maka total jam kerja dalam 1 bulan adalah sekitar 160 jam kerja. Berarti 5jt dibagi 160 jam, per jamnya si A dihargai Rp 31.250 

Sedangkan si B berpenghasilan 8jt bekerja 12 jam dalam 1 hari dan sabtu 5 jam kerja, berarti total jam kerja dalam 1 bulan adalah sekitar 260 jam kerja. Berarti 8jt dibagi 260 jam, per jamnya si B dihargai Rp 30.769

Ketika Bulan April, pada saat kenaikan gaji, apakah volume pekerjaan dan jam kerja kita juga bertambah? Jika iya, berarti kenaikan gaji kita adalah semu

Dengan kita tahu berapa rupiah kita dihargai selama 1 jam, jika kita dibayar untuk lembur, apakah upah lemburan kita sesuai dengan harga kita dalam 1 jam? Kebanyakan sih tidak

Kalau tidak, mengapa kita ambil lembur? Sebegitu pentingkah kita untuk menambah penghasilan kita? Karena ketika kita menambahkan waktu kita untuk pekerjaan, kita MENGURANGI waktu kita untuk hal yang lain

Dan waktu yang sering kita kurangi adalah waktu dengan KELUARGA, pasangan, dan anak. Berapa harga waktu kita untuk keluarga? jika kita perlu membeli waktu mereka selama 1 jam, akankah kita rela menukarkan harga 1 jam kita yang bernilai tidak lebih dari 30 ribu rupiah itu? Angka 30 ribu tidak berarti banyak dibandingkan dengan tawa, obrolan, dan perasaan yang menyenangkan yang kita rasakan dari orang-orang yang berarti untuk kita

Bagaimana kita memprioritaskan waktu kita untuk hal-hal yang memang benar-benar penting dalam hidup kita? 

Saya belajar dari guru dan coach saya, prioritas dalam hidup kita haruslah

1. Tuhan
2. Keluarga
3. Sosial
4. Bisnis
5. Bisnis
6. Pekerjaan

Sudahkah kita mempunyai prioritas yang sesuai? Sayapun masih belajar untuk bisa perlahan-lahan sesuai dengan prioritas diatas

Semoga bisa menjadi renungan dan reminder yang baik untuk kita

Jadi.........


Berapa harga 1 jam anda?


*NOTE = PENTING, tulisan ini dalam konteks PENGHASILAN di dalam pekerjaan, tanpa memasukan faktor-faktor lain dalam pekerjaan sepetti ilmu yang didapat dalam pekerjaan, karir, teman dalam kerja dll.

No comments:

Post a Comment