Saturday, February 22, 2014

Tips memilih reksadana (part 2)

Gampang - gampang susah kan memilih produk reksadana yang sesuai? Pada dasarnya sebagai orang awam, dengan mengikuti tips memilih reksadana part 1 saja sudah dapat menentukan reksadana apa yang sesuai dengan kebutuhan kita, tetapi jika kita ingin memaksimalkan profit yang didapat dari reksadana, post memilih reksadana part 2 ini akan dapat sangat membantu, pasti mau dong kalau profit kita lbh maksimal? yuk kita bahas

1. Cari manajer investasi dengan produk reksadana yang beragam, diutamakan reksadana saham yang fokus pada sektor-sektor tertentu, dan kemudahan switching fund
2. Menentukan timing beli (top up) disaat harga unit sedang terjadi koreksi (penurunan)
3. Selalu update berita ekonomi

Yup, memang kalau kita mau hasil yang lebih optimal kita harus meluangkan ekstra tenaga dan waktu untuk mengikuti perkembangan ekonomi dunia dan dalam negri. Sebagai contoh disaat mata uang negara kita sedang buruk dan lemah terhadap dollar, maka sektor yang diuntungkan adalah sektor usaha yang mendapatkan income dari dollar, seperti sektor perkebunan dan tambang, karna sektor perkebunan mengekspor produknya dan dibayar dengan dollar. Nah kalau dollar tinggi sektor apa yang dirugikan, otomatis yang melakukan impor dan membayar dengan dollar, seperti konstruksi.

Dengan kita mengetahui kapan kita harus membeli dan apa yang akan kita beli akan menghasilkan hasil yang optimal, setelah untung di sektor tersebut, kita switch ke sektor yang sedang mengalami penurunan, dan begitu seterusnya.

Menurut beberapa artikel analis yang saya baca, awal pemulihan kondisi ekonomi suatu negara setelah terjadi krisis biasanya ditunjukan dari sektor konstruksi, properti dan perbankan yang mulai mengalami kenaikan yang signifikan, dan sebaliknya, tanda-tanda akan terjadi krisis biasanya dilihat dari sektor tambang dan perkebunan yang naik.

Beberapa buku tentang reksadana yang dapat membantu pembaca dalam berinvestasi di reksadana dapat mencoba membaca buku dari pak Rudiyanto "sukses financial dengan reksadana" dan buku karangan Ryan filbert "menjadi kaya dan terencana dengan reksadana"

Smoga artikel ini dapat membantu pembaca dalam mengoptimalkan investasi di reksadana

Salam sukses, adn be a smart investor





No comments:

Post a Comment