Wednesday, July 2, 2014

Smart Shopping, Smart lifestyle



Ahhhh, akhirnya... setelah sekian lama puasa nulis karena kesibukan di kantor dan adaptasi sebagai regional trainer, baru bisa nulis lagi nih sekarang. Anyway, many things happen for this past few month, dan salah satu yang mulai aku lakukan dan perhatikan adalah fenomena shopping dan SALE. Yes, shopping untuk beberapa orang merupakan sebuah keharusan dan sering menjadi sebuah pengeluaran tak terduga dalam mengatur keuangan kita. 

Well shopping is about SATISFACTION (kepuasan) dan lebih banyak memenuhi DESIRE (hasrat) wants atau keinginan daripada needs (kebutuhan) kita. Untuk wanita, biasanya ada tas atau sepatu lucu sedikit saja sudah langsung ingin membeli.padahal, sampai di rumah ya belum tentu dipakai juga. Sadar atau tidak, para wanita lebih banyak shopping yang tidak direncanakan daripada shopping yang direncanakan,

 Hahaha sudah pada senyum-senyum sendiri nih para pembaca wanita. But seriously guys, you can save a lot of money kalau kita mau sedikit bersabar dan merencanakan anggaran shopping tersebut dengan smart dan cerdas. Penasaran gimana caranya? yuk kita mulai.

SALE merupakan kata yang sangat tidak asing terutama bagi warga yang tinggal di kota besar seperti Surabaya. SALE bisa menjadi virus yang perlahan lahan akan menggerogoti kekayaan, mengurangi aset, bahkan menambah hutang kita. Akan tetapi disisi lain, SALE bisa juga menjadi peluang untuk mengoptimalkan pengeluaran jika direncanakan dengan baik. 

Hasil pengamatan saya beberapa bulan ini menunjukan bahwa selama setahun, paling tidak ada dua masa dimana dilakukan SALE besar besaran, yaitu "mid year SALE" dan "year end SALE". Diskonnya pun gak tanggung-tanggung, bisa mencapai 50-70% dalam sekali SALE.

Parahnya, hampir semua merk branded itu terkena virus yang bernama SALE. Dan saat artikel ini ditulis, TOP MAN di Jakarta cleareance SALE sampai 50%, celana Chino yang awalnya 300rban jadi sekitar 70rb, Jas yang awalnya 1,7jt jadi sekitar 600rb, Pull and bear, ZARA dan merk branded lainnya pun ikut SALE. 

Memang hanya selected item saja yang diskon, tapi it worth a lot. Bayangkan berapa banyak dana yang bisa kita save? Dari budget shopping yang terbatas, dimana biasanya hanya mendapatkan beberapa item, ketika shopping di saat SALE besar seperti ini, item yang dapat dibeli dengan budget  terbatas pun akan semakin banyak.

Selain SALE di kedua saat itu, brand yang sedang ulang tahun biasanya akan memberikan SALE yang cukup besar dengan item yang lebih baik dibandingkan dengan mid year and end year SALE. Ada merk yang pembaca gemari dan favoritkan? Catat tanggal ulang tahun merk tersebut dan persiapkan dana shopping untuk belanja.

Nah bagaiman mempersiapkan dana untuk shopping di saat SALE besar? Dana shopping masuk dalam pos keinginan dan kebutuhan pribadi yang presentasenya 10-20% penghasilan bulanan kita, dikondisikan sesuai penghasilan dan pengeluaran wajib kita tiap bulan. Kebiasaan shopping tak terencana memang tidak bisa dielakkan, maka dari itu katakanlah budget shopping kita 2jt tiap bulan, 1jt untuk shopping tak terencana, 1jt sisanya untuk persiapan SALE kedepan, gunakan presentase 50% untuk shoping tak terencana dan 50% untuk persiapan SALE dari budget shoping. Dana persiapan SALE bisa simpan di reksadana pasar uang yang bunganya lebih menarik dibandingkan tabungan dan sangat liquid untuk dicairkan.

Sebagai contoh kita mengalokasikan dana untuk persiapan SALE selama 6 bulan kedepan 1jt rupiah setiap bulan, kita masukan ke Reksadana pasar uang yang return pertahunnya net 6% maka pada bulan ke 6 dana yang disiapkan menjadi Rp 6.075.501. Lumayan kan daripada tanpa persiapan dan rencana apapun?

Apalagi nih smart shoping yang bisa dilakukan? PROMO dan MEMBER CARD. Tidak sedikit toko-toko branded yang mengeluarkan member card dengan segala macam privileage dan manfaat potongan harga yang menarik. Rencanakanlah dalam 1 tahun kita dapat memperoleh member card paling tidak di dua toko branded favorit kita. Biasanya untuk memperoleh member card harus ada minimal payment dalam satu kali transaksi, maka pada saat SALE dengan dana yang sudah kita siapkan, kita bisa sekaligus memperoleh member card.

VOUCHER, ada banyak voucher dengan potongan harga yang menarik dijual di internet. Seperti yang sering saya beli adalah voucher di groupon disdus, mulai dari paket liburan, makanan, fashion dan masih banyak lagi dijual dengan potongan harga yang sangat menarik. Kita dapat menggunakan budget shoping tak terencana kita untuk dapat membeli voucher-voucher menarik tersebut.

Dengan harga yang lebih murah otomatis kita akan mendapatkan item yang lebih banyak, dan dengan persiapan dana yang matang dan sedikit kesabaran, SALE, PROMO, MEMBER CARD dan VOUCHER akan menjadi jalan keluar untuk memenuhi kebutuhan pribadi kita, optimal dan tidak membengkakan tagihan kartu kredit (penting)


So let’s start planing your shopping, and be a smart spender




Dicka Christama, SM, QPP